Pertamina Bantah Pertalite Mengalami Penurunan Kualitas

  • Bagikan
X

POJOKKIRI.NET - Pertamina Patra Niaga memberikan tanggapan terkait keluhan pengguna kendaraan soal Pertalite yang dianggap semakin boros. Beberapa akun di media sosial Facebook beranggapan bahwa kualitas jenis BBM bersubsidi itu menurun setelah kenaikam harga BBM.

Terhitung ada lima pengguna Facebookyang mengeluhkan kualitas Pertalite. Sebagian besar dari mereka menyebut bahwa Pertalite saat ini lebih cepat menguap, sehingga membuat kendaraan mereka boros dari biasanya.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menyampaikan bahwa BBM bersubsidi Pertalite tidak mengalami penurunan kualitas. 

Ia pun turut memberikan beberapa poin terkait hal itu kepada Tempo.co hari ini, Senin, 19 September 2022. Berikut lima poin yang ia sampaikan:

• Produk BBM Pertamina jenis Pertalite (RON 90) tidak mengalami perubahan spesifikasi. Adapun standar dan mutu BBM Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

• Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP). Saat ini hasil uji RVP dari Pertalite yang disalurkan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diijinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (Kilopascal).

Sumber: otomotif.tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan