Muluskan Langkah Jokowi Maju Pilpres 2024 Jadi Cawapres, MK Didesak Revisi Undang-undang Pemilu!

  • Bagikan
X

Pojokkiri.net, Jakarta - Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo bisa maju sebagai calon wakil presiden 2024 asalkan Mahkamah Konstitusi (MK) mau merevisi pasal 169 huruf n Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. 

Dimana pasal tersebut berbunyi “Persyaratan menjadi calon presiden atau wakil presiden adalah belum pernah menjabat sebagai presiden atau wakil presiden, selama 2 (dua) kali masa jabatan dalam jabatan yang sama”.

“Menurut saya perlu merevisi aturan pasal 169 itu karena di situ sepertinya menutup celah bagi presiden dalam hal ini Pak Jokowi atau pun yang lain untuk menjadi cawapres di periode berikutnya,” kata Trubus saat dikonfirmasi, Sabtu (17/9/2022).

Trubus menjelaskan, revisi regulasi tersebut berguna untuk memfasilitasi para presiden yang memiliki kinerja bagus namun tak bisa mencalonkan diri lagi karena terhalang aturan. Ia yakin betul bahwa revisi tersebut nantinya tidak akan dimanfaatkan untuk melanggengkan kekuasaan.

“Kalau suatu saat ada orang yang berkualitas betul, jangan ditafsirkan ada potensi penyalahgunaan kekuasaan, terjadi maladministrasi, politik dinasti, itu terlalu berlebihan tetapi yang dikehendaki itu suatu kemanfaatan bagi publik,” jelasnya.

Trubus menjelaskan, bahwa fenomena presiden mencalonkan lagi sebagai wakil presiden bukanlah hal baru. Sebab, ada beberapa negara yang sebetulnya sudah melakukan hal tersebut.

Sumber: populis.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan