Anies Baswedan: Saya Siap Mencalonkan Diri Sebagai Capres Jika…

  • Bagikan
X

Pojokkiri.net, Jakarta - Anies Baswedan menyatakan siap berkontestasi di Pilpres 2024 menjadi calon presiden (capres) meski, ia belum mengamankan dukungan dari partai politik (parpol). Anies, yang jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta akan berakhir ini, saat ini muncul menjadi di antara kandidat bakal capres dengan elektabilitas tertinggi. "Saya siap mencalonkan diri sebagai capres jika ada partai yang menominasikan saya," kata Anies kepada Reuters dalam sebuah wawancara di Singapura, Kamis (15/9/2022).

Meski Anies bukan orang anggota parpol, itu membuat dirinya memiliki ruang untuk berkomunikasi dengan faksi-faksi lain. "Hasil-hasil survei yang bukan pesanan saat ini bahkan sebelum saya berkampanye, saya pikir mereka memberikan saya kredibilitas yang lebih," kata Anies menambahkan. Dalam beritanya, Reuters menyebutkan, kandidat populer lainnya termasuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sementara, inkumben Joko Widodo telah mencapai batas dua periodenya sebagai presiden dan tidak bisa mencalonkan diri lagi.

Pada saat itu, Anies, yang menganut Islam moderat, terlihat tidak berbuat banyak untuk memperbaiki keretakan kalangan agama dan masyarakat umum yang melebar di negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia itu. Namun, kini dia mengatakan, kebijakan-kebijakannya sebagai gubernur telah 'menyatukan warga Jakarta'. "Sebelum, orang-orang membuat asumsi terhadap saya dan apa yang saya pegang teguh dan lakukan sebagai gubernur. Sekarang saya telah menjabat lima tahun (sebagai gubernur), jadi nilailah saya berdasarkan realitas dan rekam jejak," kata Anies.

Sumber: m.republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan