AHY Singgung Kemunduran Demokrasi: Politik Uang Merajalela

  • Bagikan
X

Pojokkiri.net, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut bahwa indeks demokrasi Indonesia selalu menurun, dan menyebabkan politik uang serta politik identitas merajalela di tengah masyarakat.

"Kemunduran demokrasi kita rasakan, betul? Politik uang merajalela, politik identitas memecah belah bangsa, terjadi polarisasi. Siapa yang menjauhkan ini? Apakah Demokrat? Siapa yang menyebabkan ini semua? Yang jelas bukan kita," ujar AHY dalam pidato rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Demokrat, Kamis (15/9/2022).

Menurutnya, kehadiran politik uang dan politik identitas dalam alam demokrasi itu berpotensi semakin merontokkan sendi-sendi bermasyarakat. Termasuk dalam berdemokrasi dan berpolitik.

AHY menegaskan, kader Demokrat jangan mempraktikkan hal ini dalam berpolitik. Ia menginstruksikan, seluruh kader Partai Demokrat menjadi terdepan dalam menolak upaya melanggengkan sesuatu yang inkonstitusional. Salah satunya adalah menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

"Kita merasa apakah negara kita ini hanya dikuasai oleh segelintir orang saja, berkolusi antara mereka yang memiliki kekuasaan politik dengan mereka yang memiliki kapital atau uang, money politics. Kekuatan uang dan kekuatan politik seolah menjadi satu dan menjadi segala-galanya, seolah bisa dibayar, ada transaksinya," ujar AHY.

"Ini negeri kita sendiri, semua warga negara punya hak dan kewajibannya yang sama," sambungnya.

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan