Menohok! Omongan Ketua DPRD Dibantah, Anies Baswedan Disebut Boleh Bikin Kebijakan Strategis Sampai Lengser!

  • Bagikan
X

Pojokkiri.net, Jakarta - Kepala Biro Hukum DKI Jakarta, Yayan Yuhana menegaskan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih bisa menentukan kebijakan jelang berakhirnya masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Ia bahkan menyebut bahwa hal tersebut sama sekali tak menyalahi aturan.

“Gubernur memiliki tugas dan tanggung jawab, termasuk dalam mengambil kebijakan menurut aturan berlaku,” kata Yayan dalam keterangannya, Rabu (14/9/2022).

Pernyataan Yayan ini secara tidak langsung telah membantah pernyataan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi yang sebelumnya melarang Anies untuk membuat kebijakan strategis hingga satu bulan ke depan.

Prasetio menjelaskan sebulan terakhir yang dimaksud terhitung setelah rapat paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta yang digelar kemarin, 13 September, hingga 16 Oktober 2022.

Yayan menjelaskan, apabila larangan tersebut didasarkan pada pasal 71 ayat (2) dan (3) UU No.10/2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang, maka Undang-undang tersebut tidak membuat Gubernur Anies menyalahi aturan.

“Karena ketentuan dalam pasal tersebut dikhususkan untuk kepala daerah yang akan mengikuti seleksi pemilu, sedangkan tahun 2022 tidak ada pemilu,” jelasnya.

Sumber: populis.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan