Komisi V Prihatin Banyak Bandara Dibangun Tapi Tak Beroperasi

  • Bagikan
X

POJOKKIRI.NET -  Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo prihatin banyak bandara dibangun tapi tidak beroperasi. Ia mempertanyakan rencana strategis (renstra) pemerintah untuk memanfaatkan puluhan bandara yang idle tersebut.

"Perlu perhatian pemerintah agar aset dan uang yang sudah kita gelontorkan untuk membangun bandara tidak sia-sia. Banyak bandara yang dibangun tapi idle, tidak beroperasi. Sebagai contoh bandara Ngloram yang baru diresmikan presiden Desember 2021 lalu tidak ada jadwal penerbangan ke bandara di Cepu ini. Begitu juga bandara JB  Soedirman juga terpantau tidak memiliki jadwal penerbangan lagi," kata Sigit dalam  Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Dirjen Pehubungan Udara Kemenhub dan Angkasa Pura I dan II, Selasa (13/9/2022)?

Sigit mengatakan selama ini pemerintah hanya membangun bandara-bandara tanpa memperhatikan feasibility studi (FS) atau studi kelayakan proyek yang akan dibangun. Akibatnya, banyak proyek-proyek khususnya bandara-bandara yang sudah dibangun dengan APBN yang cukup besar namun idle dan tidak termanfaatkan.

Karena itu, Sigit meminta Dirjen Perhubungan Udara untuk melakukan terobosan agar bandara yang sudah terbangun dan idle tersebut dapat segera dimanfaatkan. 

Tak hanya itu, Sigit juga meminta pemerintah mencarikan operator bandara tambahan dana untuk penambahan fasilitas bandara yang dikelolanya dengan skema  pendanaan crowdfunding yaitu dengan sistem penggalangan dana (raising fund).

"Karena keterbatasan APBN, akhirnya operator bandara terpaksa melakukan pinjaman komersial untuk menambah fasilitas bandara yang dikelolanya," kata Sigit.

Sumber: poskota.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan