Gegara Bjorka Semena-mena Sebar Data, Muncul Desakakan Evaluasi Dana Besar Infrastruktur Siber Nih!

  • Bagikan
X

Pojokkiri.net, Jakarta - Harus ada evaluasi terhadap anggaran yang digunakan untuk keamanan siber selama ini. Hal itu ditegaskan Ahli Keamanan Siber, Pratama Pershada pasca maraknya penyebaran data yang dilakukan oleh akun dengan nama samaran Bjorka. 

Menurut Pratama, sejauh ini dana untuk  infrastruktur siber besar. Dengan adanya peristiwa ini perlu ditinjau ulang apakah dana yang sudah digunakan itu sudah tepat sasaran atau belum.

"Kita ambil hikmahnya, bahwa negara harus perhatian betul pada pengamanan siber, perlu evaluasi serius. Apakah dana besar yang dikeluarkan selama ini untuk infrastruktur siber sudah efektif atau tidak," katanya saat dihubungi Pojokkiri.net.id pada Rabu (14/09/2022).

"Evaluasi serius harus dilakukan terhadap pejabat dan program yang telah dilaksanakan, ini bentuk tanggungjawab pada masyarakat juga," sambungnya.

Ia menyebutkan bahwa yang bisa dilakukan pemerintah secara pararel adalah melakukan perbaikan di semua kementerian dan lembaga negara. Disisi lain juga perlu mengejar pelaku, baik Bjorka atau jika ada para penyuplai informasi dan data yang dibocorkan tersebut.

Menurut Pratama, untuk mengurangi dan mencegah kebocoran data dari sisi negara, dalam hal ini Kominfo dan DPR harus segera menyelesaikan UU PDP. Dengan aturan ini, semua Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE)  dipaksa melakukan pengamanan secara maksimal.

Sumber: populis.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan