Blak-blakan, Eks Hakim Agung Sebut Ferdy Sambo Bisa Lolos dari Hukuman Mati, Jika Polisi Gagal Ungkap Motif Pembunuhan Brigadir J

  • Bagikan
X

Pojokkiri.net, Jakarta - Mantan Hakim Agung Topane Gayus Lumbuun mengaku keberatan jika motif pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat Brigadir J yang diotaki eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo menjadi tidak penting lagi diungkap. Dia mengatakan motif sebuah peristiwa pidana adalah hal mutlak yang mesti dibawa pihak kepolisian ke persidangan, sebab dengan adanya motif itu hakim bisa lebih luas melihat sebuah perkara pidana sebelum membuat vonis  untuk para tersangka. 

“Saya keberatan kalau orang mengatakan tidak usah (melihat) motif (dalam kasus pembunuhan), harus motif itu bagi kami ya, bagi pandangan saya, karena apa? Karena motif itu satu syarat mutlak namanya, kalau ada akibat harus ada sebab, bisa terjadi oleh beberapa sebab," ujar Gayus Lumbuun  dalam sebuah diskusi di televisi nasional dikutip Selasa (13/9/2022). 

“Harus mutlak ada sebabnya, baru ada akibat orang mati ini. Nah itu jelas harus dikaitkan sehingga kami bisa melihat dengan jelas, jadi, bagi saya wajib itu, karena itu syarat mutlak buat sebuah kejadian," katanya menabahkan. 

Gayus Lumbuun menyebut apabila motif pembunuhan Brigadir J tidak ditemukan,  maka kemungkinan besar Ferdy Sambo sebagai tersangka utama  dalam kasus ini bisa lolos dari ancaman hukuman mati atau hukuman seumur hidup. Untuk itu dia meminta agar pihak kepolisian bekerja secara sungguh-sungguh untuk mengungkap motif di balik peristiwa berdarah di Duren Tiga, Jakarta Selatan itu. 

“Kalau yang saya ikuti sekarang ini adalah satu perbuatan yang primernya 340 KUHP kemudian disubsider 338 KUHP, kalau kita tidak memenuhi 340-nya tentu ini gugur. Jadi harus ada pembuktian yang kuat. Pembuktian saat ini masih selalu berubah-ubah, saya tidak bisa mengambil kesimpulan, karena dari perubahan-perubahan itu mengarah pada sebuah pengertian yang disebut concursus realis dan idealis," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui hingga kini polisi belum mengumumkan motif pembunuhan Brigadir J. Ferdy Sambo sendiri mengaku membunuh Brigadir J lantaran yang bersangkutan melecehkan istrinya Putri Candrawathi. Namun isu pelecehan seksual itu justru disangsikan banyak kalangan.

Sumber: populis.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan