Mahfud MD Akui Terjadi Kebocoran Data, tapi Tidak Ada Rahasia Negara

  • Bagikan
X

POJOKKIRI.NET - MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengakui sejumlah dokumen negara bocor. Hal itu diungkapkannya merespons kemunculan peretas yang mengatasnamakan diri Bjorka di internet

.“Saya pastikan itu memang terjadi tapi tidak ada rahasia negara. Belum ada yang membahayakan dari isu-isu yang muncul,” kata Mahfud di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (12/9).

Mahfud mengatakan temuan itu sudah dikonfirmasi oleh laporan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Kemudian dirinya menerima analisa dari Deputi VII Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur Kemenko Polhukam.

“Terjadi di (sektor) sini, sini, dan sini, tapi itu bisa juga sebenarnya bukan data yang rahasia dan bisa diambil dari mana-mana,” papar dia.

Meski begitu, Mahfud memastikan pemerintah tidak menganggap sepele hal tersebut. Pemerintah tengah merapatkan tindak lanjut dari kebocoran data.

“Jadi bisa saja kebetulan sama atau cuma dokumen biasa. Tapi itu memang terjadi di dukcapil (kependudukan dan pencatatan sipil) dan di beberapa tempat,” tutur mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

Sumber: m.mediaindonesia.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan