Ada Gelagat Masih Beroperasi Galang Dana, Kejati Jakarta Langsung Gercep, Ajukan Gugatan Biar ACT Dibekukan!

  • Bagikan
X

Pojokkiri.net, Jakarta - Kejaksaan Tinggi Jakarta mencium adanya gerak gerik lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang masih melakukan penggalangan dana. Selain tindakan mengumpulkan dana, mereka juga melakukan operasi investasi. 

Padahal, Kementrian Sosial (Kemensos) sudah mengeluarkan SK Pencabutan Izin Pengumpulan Uang dan Barang ACT setelah isu dugaan penyelewengan dana bergulir. Oleh karena itu, Kejati melakukan gugatan atas perbuatan tersebut.

"Berkenaan dengan gugatan ke ACT itu informasi yang diperoleh temen-teman, ACT idisinyalir masih melakukan operasi pengumpulan dan masyarakat dan ini investasi juga. Jadi atas dasar itu kemudian teman-teman Datun Jaksel melakukan terobosan melakukan gugatan ke PN Jaksel," kata Kasi Penkum Kejati DKI Ade Sofyansyah kepada dalam keterangan yang diterima Pojokkiri.net.id pada Senin (12/09/2022).

Ia menyebutkan bahwa gugatan ini memiliki petitum alias isi gugatan agar Badan Pengawas dan Pembangunan (BPKP) mengaudit lembaga yang berdiri pada 2006 itu. Pihak Kejaksaan juga berharap agar lewat putusan hakim, ACT dibekukan dan tidak dapat beroperasi lagi.

"Tujuannnya untuk meminta BPKP untuk melakukan audit terlibat melakukan audit terhadap ACT, kemudian PN Jaksel membekukan itu," ujarnya.

Ade mengungkapkan bahwa gugatan sudah dilayangkan sejak beberapa hari lalu, yakni pada Tanggal 6 September. 

Sumber: populis.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan