Bripka RR Kini Balik Arah dari Ferdy Sambo, Pakar Hukum Sebut Bisa Dituntut Pidana? Simak Penjelasannya!

  • Bagikan
X

Pojokkiri.net, Jakarta - Pakar hukum pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar, menyampaikan analisisnya soal Bripka RR yang kini berbalik arah dari Ferdy Sambo.

Abdul menyebut kalau keterangan tersangka atau terdakwa merupakan salah satu alat bukti selain apa yang disampaikan oleh saksi, ahli, dan yang lainnya.

Menurut Abdul, dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), terdakwa memang diberikan hak ingkar sehingga ia memiliki kebebasan dalam memberikan keterangan.

“KUHAP juga memberikan terdakwa hak ingkar, artinya terdakwa punya kebebasan dalam memberikan keterangan, di mana hakim wajib mengingatkan dan menyarankan terdakwa yang pernyataannya tidak sejalan dengan keterangan para saksi atau alat bukti lain,” jelas Abdul dikutip Pojokkiri.net.id dari JPNN.com pada Minggu (11/9/2022).

Ia menambahkan, “Oleh karena itu, tidak mengherankan jika seorang tersangka atau terdakwa mengubah keterangannya, hanya saja jika sudah di persidangan perubahan itu harus ada alasan yang logis agar bisa diterima oleh hakim.”

Abdul menjelaskan bahwa tidak ada konsekuensi hukum untuk terdakwa yang mengubah keterangannya.

Sumber: jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan