Pakar: Jika Prabowo Capres, Apa Gerindra Mau Jadikan Cak Imin Cawapres

  • Bagikan
X

POJOKKIRI.NET - Mencuat duet Prabowo Subianto berpasangan dengan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Pilpres 2024. Duet Prabowo-Cak Imin digaungkan kembali setelah manuver Gerindra-PKB yang daftar bareng sebagai partai politik atau parpol calon peserta Pemilu 2024.

Menanggapi itu, pakar politik dari Paramater Politik Indonesia Adi Prayitno menilai dari level partai, jika berkoalisi maka Gerindra dan PKB tak ada persoalan apapun. Menurut dia, dua parpol saling membutuhkan terutama untuk menggenapi ambang batas presiden atau presidential threshold 20 persen.

"Karena Gerindra maupun PKB tak bisa maju sendiri di Pilpres. Makanya koalisi ini terjadi karena masing-masing partai tak bisa maju sendiri," kata Adi saat dihubungi VIVA, Selasa, 9 Agustus 2022.

Pun, dia menganalisa untuk Pemilu 2024, Gerindra tampak ingin ganti selera politik soal partner koalisi. Partner ini terutama dari kalangan parpol Islam. 

Adi bilang pada 2014 dan 2019 lalu, Gerindra kerap berkoalisi dengan parpol Islam berbasis Islam kota seperti PKS. 

"Di 2024 Gerindra terlihat berhasrat ingin berkoalisi dengan PKB yang memiliki basis konstituen pemilih Islam tradisional terutama kalangan nahdliyin yang sangat mayoritas," jelas Adi,

Sumber: viva.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan