Visa ‘Second Home’ Terbit, WNA Bisa Menetap di Indonesia

  • Bagikan
X

POJOKKIRI.NET - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menerbitkan visa second home. Dengan visa ini warga negara asing (WNA) bisa menetap di Indonesia, termasuk yang lanjut usia.

"Visa second home memberikan kesempatan bagi warga negara asing, termasuk lanjut usia, yang ingin menetap di Indonesia," ujar Menkumham Yasonna H. Laoly melalui keterangan tertulis, dilansir ANTARA, Jumat (1/7/2022).

Selain bisa digunakan oleh WNA yang ingin menghabiskan masa pensiun atau masa tua di Indonesia, visa second home ini bisa dipakai untuk beberapa WNA yang tidak dapat diakomodasi di Indonesia dengan jenis izin tinggal lain.

Meski begitu, Yasonna menegaskan bahwa WNA yang ingin dapat visa second home tetap harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan. Salah satunya, memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia.

"Dia (WNA yang mengajukan visa 'second home') harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan, terutama terkait asas manfaat yang memberikan kontribusi positif untuk peningkatan perekonomian Indonesia," tutur Yasonna.

Kemenkumham juga menyampaikan bahwa dalam Undang-Undang Cipta Kerja, terdapat berbagai kebijakan baru yang dirumuskan terkait tugas dan fungsi Kemenkumham. Selain visa second home, Kemenkumham juga membentuk lembaga baru.

Sumber: idntimes.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan