Ramsay Hunt Syndrome yang Diderita Justin Bieber karena Vaksin Covid-19? Ini Kata Pakar

  • Bagikan

POJOKKIRI.NET -Penyanyi Amerika Serikat (AS) Justin Bieber terserang penyakit Ramsay Hunt Syndrome yang menyebabkan sebagian wajahnya mengalami kelumpuhan.

Tapi, benarkah penyakit itu disebabkan oleh vaksin Covid-19? Menurut Prof Dr dr Zubairi Djoerban SpPD-KHOM dari Unive

rsitas Indonesia, hal itu belum bisa dibenarkan sebab belum memiliki bukti.

"Belum ada bukti. Yang jelas, sindrom ini sudah ada obatnya di Indonesia dan tersedia juga di apotek-apotek," jelas Prof Zubairi menjelaskan penyebab Ramsay Hunt Syndrome melalui akun Instagram pribadinya @profesorzubairi, dikutip tvonenews, Selasa (14/6/2022).

Ramsay Hunt Syndrome adalah penyakit yang disebabkan oleh reaktivasi virus. Sindrom tersebut menyebabkan kelumpuhan pada salah satu sisi otot wajah.

Vericella-zoster virus (VZV) menjadi penyebab dari munculnya sindrom Ramsay Hunt.

"Ini adalah virus yang sama yang menyebabkan anak-anak terkena cacar air dan cacar ular (herpes zoster) pada orang dewasa," jelasnya.

Adapun gejala yang dirasakan pada sindrom ini berupa muncul ruam kecil, otot di sisi wajah mulai melemah hingga hilangnya ekspresi wajah seperti kelumpuhan, gendang telinga sakit hingga mengganggu pendengaran, vertigo, serta sulit menggerakkan kelopak mata.

Prof Zubairi mengatakan sindrom ini biasa menyerang orang dewasa. Sementara tingkat pemulihan cukup tinggi, yaitu di atas 70 persen, jika menggunakan pendekatan medis yang tepat.

Sumber: tvOne

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email pojokkiridotnet@gmail.com.
  • Bagikan